Di Perlintasan Tanpa Palang, Elf Tertabrak Kereta Api Probowangi, 11 Jiwa Melayang

Berita / 20-Nov-2023




Pada Minggu malam, 19 November 2023, mobil minibus elf tertabrak KA Probowangi yang menghubungkan Ketapang Banyuwangi ke Surabaya di Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Menurut Didiek Hartantyo, Direktur Utama KAI, di lokasi kecelakaan tidak terdapat palang pintu perlintasan yang disebutkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 94 Tahun 2018. Kecelakaan tersebut menewaskan sebelas orang, luka-luka empat orang, dan seluruh penumpang kereta api selamat. Dirut KAI Didiek Hartantyo menyampaikan belasungkawa atas kecelakaan maut yang menimpa minibus elf tersebut.

"Kami ikut berduka cita dan menyesalkan kejadian kecelakaan lalu lintas antara mobil elf dengan KA 266 Probowangi relasi Ketapang-Surabaya Gubeng di perlintasan tanpa palang pintu di KM 138+0 petak jalan antara Stasiun Randuagung-Stasiun Klakah hari ini pukul 19.53 WIB." Operasi KA Probowangi sempat tertunda karena kecelakaan, tetapi transportasi itu kembali berjalan tiga belas menit kemudian. "KA Probowangi mengalami keterlambatan tiga belas menit karena harus berhenti di perlintasan tempat kejadian tersebut," katanya. Didik menyatakan bahwa pengguna jalan harus mendahului perjalanan KA karena KA memiliki jalur tersendiri dan tidak dapat berhenti secara tiba-tiba.

Menurutnya, ini sesuai dengan Pasal 124 UU Perkeretaapian 23 tahun 2007 dan Pasal 114 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan 22 tahun 2009. Namun, KAI menekankan bahwa pemilik jalan, baik pemerintah pusat maupun daerah, harus melakukan evaluasi keselamatan untuk perlintasan sebidang di wilayahnya. Dia mengingatkan pemilik jalan tentang kewajiban mereka untuk menyelesaikan perlengkapan keselamatan atau menutup perlintasan di area yang dianggap membahayakan keselamatan. Didiek menyatakan bahwa pihaknya berduka dan menyesalkan kejadian tersebut dan turut belasungkawa kepada keluarga korban.

 

Picture Source: Tribun Jateng – Tribunnews.com


Program