Angin Puting Beliung Rusak Rumah di Bandung Barat, Warga Panik

Berita / 21-Nov-2023




Di tepi Waduk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Cirata, Kampung Citatah, RT 5 RW 1, Desa Nanggeleng, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, angin puting beliung menyapu beberapa warung. Warung-warung dengana perang.warung-warung Peristiwa itu terjadi pada Sabtu 18 November 2023 sekira pukul 15.30 WIB. Menurut pemilik warung Ata Sutisna (51), angin dan petir muncul saat Citatah dilanda hujan lebat.

Saat itu, Ata duduk di balai depan warung dan melihat angin yang bergerak seperti gangsing dari danau PLTA. Dia berkata, "Angin asa hideng, cai teh kasedot (angin seperti berwarna hitam, air danau tersedot)." Segera setelah itu, tiupan angin yang berputar menerpa warung-warung warga. Kekuatan tiupan angin itu membuat atap warung tetangga Ata terlepas dan menghantam pohon karet. Warung Ata juga mengalami kerusakan atap, katanya, "Anu asbes mah sadayana ngageblok (Yang atapnya memakai asbes semuanya terlepas)."

Ata dan keluarganya saat itu mencari perlindungan di belakang warung karena ketakutan. Karena keadaan mencekam itu, ia bahkan melantukan azan. Beberapa pemancing juga pergi ke sana untuk berlindung.

Peristiwa tersebut menyebabkan kerusakan sebanyak sepuluh warung. Pemilik warung lain, Sutisah (56), mengalami kondisi yang sama. Sutisah juga berada di warungnya saat kejadian terjadi. Dia berkata, "Ngageuteur, perasaan rumah teh jiga bade kaangkat (Bergetar, perasaan warung seperti terangkat)."

Kendaraan lain dari arah berlawanan harus menghentikan lajunya jika truk atau kendaraan berbobot besar melintas. Karena kondisi tersebut, akses tidak dapat diakses secara bersamaan. Orang yang tinggal di Kampung Cisauheun, Desa Cikalong, bernama Gunawan (61) mengatakan bahwa longsor terjadi sekitar tiga hari yang lalu.

Saat itu, hujan mulai turun di Cikalong. Air dari drainase meluber ke jalan. Akibatnya, longsor terjadi. Setahun yang lalu, longsor terjadi di tempat yang sama. Peristiwa itu menyebabkan satu rumah tertimpa pohon. Selepas insiden tersebut, satu-satunya upaya perbaikan yang dilakukan adalah membangun tembok di bawah area longsor.

Picture Source: Pikiran-Rakyat.com


Program