Bey Machmudin meminta RSHS Bandung untuk menjelaskan kematian pasien pasca cabut gigi

Berita / 20-Dec-2023




Pejabat Gubernur Jawa Barat Bey T Machmudin juga menyoroti kekecewaan warga terhadap pelayanan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Hasan Sadikin, juga dikenal sebagai RSHS, yang telah menjadi viral di internet baru-baru ini. Sebaliknya, RSHS membuat video klarifikasi melalui direktur medik dan perawatan, tetapi video tersebut tidak memiliki kronologi yang dapat menjelaskan latar belakang laporan warganet yang tersebar di media sosial.

Kami telah meminta penjelasan dan kami berharap hal ini tidak terjadi lagi. Di Gedung Sate pada Selasa 19 Desember 2023, Bey mengatakan, "Jelaskan dengan baik kepada masyarakat, sampaikan apa adanya."

Menurut Bey, keselamatan masyarakat harus menjadi prioritas utama. "Kita tunggu penjelasan dari RSHS," katanya.

Sebelumnya, video yang menunjukkan kekecewaan warganet terhadap layanan di Rumah Sakit Umum Pusat RSUP dr Hasan Sadikin (juga dikenal sebagai RSHS) yang diduga melakukan praktik ilegal yang mengakibatkan kematian salah satu pasien asal Garut telah didistribusikan. Beberapa akun TikTok terlihat menayangkan bagian dari cerita Instagram dari akun @latashaqntas, yang saat ini sulit diakses.

Kejadian bermula dari pasien yang akan menjalani operasi gigi bungsu dalam kompilasi video Instagram. Namun, dugaan tersebut diduga muncul setelah dianastesi. Pasien mengalami henti detak jantung dan bahkan harus mendapatkan perawatan karena kondisinya memburuk. Pasien alami kritis dan meninggal dunia setelah mendapatkan beberapa perawatan. Keluarga pasien berduka atas tindakan yang mereka anggap tidak pantas yang menyebabkan salah satu anggota keluarga mereka tutup usia.

Dr. Iwan Abdul Rachman, Direktur Medik & Keperawatan, Sp.An, M.Kes, mengungkapkan rasa sedihnya melalui video Humas RSHS. Dia juga menyatakan bahwa dia telah melakukan semua yang dia bisa. Dr. Iwan, bagaimanapun, tidak menjelaskan kronologi dalam video tersebut.

"Menanggapi video yang beredar di media sosial mengenai wafatnya salah seorang pasien setelah mendapatkan pelayanan dari RSHS Bandung, pertama-tama saya mewakili civitas hospitalia RS Hasan Sadikin, mengucapkan turut berduka cita atas kepergian beliau semoga beliau diberikan tempat yang terbagi di sisi-Nya," tuturnya pada Sabtu 16 Desember 2023.

Berkenaan dengan hal tersebut terdapat beberapa hal yang RSHS sampaikan.

"Pertama, RS Hasan Sadikin telah melakukan upaya maksimal dalam memberikan pelayanan kepada semua pasien. Pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan standar prosedur pelayanan yang ada di rumah sakit. Kami menyayangkan adanya pihak yang membuat konten di media sosial tanpa adanya klarifikasi terlebih dahulu dari pihak rumah sakit, namun demikian kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian seluruh pihak terhadap pelayanan di RSUP dr Hasan Sadikin. Dr. Iwan juga meminta dukungan dan doa agar RS Hasan Sadikin terus memberikan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat.

Picture Source: KOMPAS.com


Program