Usai Debat Cawapres, Jokowi: Saya Enggak Mau Menilai Lagi—Gibran

Berita / 24-Jan-2024




Pada Rabu, 24 Januari 2024, Jokowi menyatakan, "Saya enggak mau menilai lagi." Jokowi menyatakan bahwa dia tidak mau lagi memberikan komentar tentang debat karena dia ingin menghindari polemik. Kepala negara sebelumnya telah berbicara tentang debat calon presiden, yang dia anggap tidak edukatif karena lebih banyak menyerang individu. Jokowi menyatakan bahwa dia akan menilai hasil debat berikutnya.

Di debat cawapres putaran keempat yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu, 21 Januari 2024, calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto memberikan nilai yang tinggi untuk penampilan Gibran Rakabuming. Dalam debat sebelumnya, Menteri Pertahanan (Menhan) RI menilai Gibran dengan 9,9, dengan cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD beradu gagasan tentang sumber daya alam dan energi, pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa. “Kalau saya, nilai saya kemarin sama dengan yang dulu 9,9,” kata Prabowo usai menghadiri acara Relawan Erick Thohir Alumni Amerika Serikat (ETAS) di XXI Plaza Senayan, Jakarta, dikutip pada Selasa, 22 Januari 2024.

Prabowo juga berkata, "Saya kira rakyat kasih nilai tinggi ya." Sebelum debat cawapres putaran keempat, Gibran tidak mau memutuskan sendiri apakah dia tampil ofensif dengan menyerang cawapres lain. Dia berpendapat bahwa masyarakat adalah pihak yang berhak untuk memberikan penilaian.Di debat cawapres putaran keempat yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu, 21 Januari 2024, calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto memberikan nilai yang tinggi untuk penampilan Gibran Rakabuming. Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia memberikan skor 9,9 kepada Gibran dalam debat sebelumnya, yang menunjukkan evaluasi Prabowo tetap sama.

Dalam hal ini, Gibran dan cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD berbicara tentang hal-hal seperti lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan, energi dan sumber daya alam, pangan, agraria, komunitas adat, dan desa. “Kalau saya, nilai saya kemarin sama dengan yang dulu 9,9,” kata Prabowo usai menghadiri acara Relawan Erick Thohir Alumni Amerika Serikat (ETAS) di XXI Plaza Senayan, Jakarta, dikutip pada Selasa, 22 Januari 2024.

"Apakah itu ofensif atau tidak, saya kembalikan lagi masalah itu ke pemirsa, ke penonton," kata Gibran. “Saya tadi hanya bertukar pikiran, menyampaikan visi misi, itu saja,” kata Gibran, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Picture Source: CNN Indonesia


Program